Bertempat di LPMP Kalimantan Timur, dilaksanakan kegiatan Workshop Pelayanan Prima di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan . Workshop ini berlangsung selama tiga hari, terhitung sejak tanggal 8 November hingga 10 November 2019.
Workshop ini dihadiri langsung oleh Kepala Subbagian Umum LPMP Kalimantan Timur Abd. Sokib Zunaidi, S.Si. Narasumber dari Widyaiswara LPMP Kalimantan Timur Wiwik Setiawati, M.Pd. Moderator dari Widyaiswara Tendas Teddy Soesilo, S.Pd.
Dalam Kegiatan Workshop Pelayanan Prima ini diikuti oleh 50 peserta. Peserta yang hadir berasal dari berbagai macam instansi, yaitu LPMP Kalimantan Timur, BPCB Kalimantan Timur, Kantor Bahasa Kalimantan Timur BP PAUD Kalimantan Timur dan Guru dari beberapa sekolah di Kalimantan Timur.
Selain narasumber dari LPMP Kalimantan Timur, LPMP Kalimantan Timur juga mengundang narasumber yang sudah ahli di bidangnya, narasumber tersebut yaitu Dosen dari Politeknik Negeri Samarinda Dr. Sugeng Haryadi, SE., MBA dan Dr. Heni Rahayu R. S.ST., MM. yang menjelaskan materi tentang Pelayan Prima, Survey Kepuasan Masyarakat dan Teknik Komunikasi Pelayanan Prima. Selain materi tersebut beliau juga turut membahas Etika Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Marketing Pemerintahan.
Kegiatan Workshop Pelayanan Prima di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2019 ini pertama kali dilaksanakan di LPMP Kalimantan Timur, kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkuat kapasitas lembaga agar dapat meningkatkan kepatuhan penyelanggara pelayanan publik, yang berasaskan integritas, kepatuhan, keadilan, non diskriminasi, dan tidak memihak.
Tidak hanya dibekali pengetahuan mengenai pelayanan prima, namun peserta juga diajak melakukan simulasi, yaitu menguraikan sebuah masalah, memeragakan, dan mendiskusikan masalah tersebut. Beberapa peserta bertugas sebagai pemeran, sedang yang lain sebagai peneliti. Terdapat juga peserta yang menempatkan dirinya dalam posisi orang lain dan mencoba melakukan interaksi dengan orang lain yang juga mendapat tugas sebagai pemeran. Tujuannya agar dapat meningkatkan performa kinerja guna meningkatkan pelayanan prima dalam melayani masyarakat.